Layanan BPJS yang didukung oleh SI/TI masih mengalami beberapa kelemahan yang akan membawa citra negatif bagi rumah sakit di Indonesia, khususnya rumah sakit yang menerima layanan BPJS di Kota Palembang. Sementara itu, makin meningkatnya jumlah rumah sakit di Kota Palembang baik dimiliki oleh swasta maupun pemerintah menimbulkan persaingan yang makin ketat dan menuntut tiap rumah sakit dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi pasiennya Untuk mendukung kemampuan dan tingkat pelayanan supaya mampu bersaing dengan lembaga kesehatan yang lainnya perlu adanya pengelolaan yang berbasis teknologi informasi (TI). Sehingga perlu adanya penilaian sudah sejauh manakah tingkat kematangan pengelolaan SI/TI pada rumah sakit yang melayani BPJS dengan menggunakan framework COBIT. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara serta pengisian kuesioner oleh staf SI/TI pada rumah sakit di Kota Palembang yaitu RS XYZ. Pemilihan rumah sakit ini berdasarkan penggunaan SI/TI yang mana telah terdapat sistem informasi manajemen rumah sakit di dalamnya, terdapat layanan BPJS dan rumah sakit ini masih bertipe C. Untuk pembuatan kuesioner, indikatornya mengacu pada domain COBIT. Output dari penelitian ini adalah level kematangan pengelolaan SI/TI dan rekomendasi perbaikan pada RS XYZ. Hasil dari pengukuran tingkat kematangan yang dilakukan pada RS XYZ level tertinggi adalah 4 dan level terendah adalah 1. Nilai rata-rata yang diperoleh oleh RS XYZ adalah 2,85 yang artinya pemanfaatan SI/TI rumah sakit masih berada pada tingkat kematangan di level 2 (Repeatable but Intuitive). Agar rumah sakit dapat meningkatkan peran dan fungsi TI dalam mendukung strategi bisnis khususnya untuk proses bisnis pada layanan BPJS, rumah sakit harus menyadari pentingnya sebuah tata kelola TI yang baik dan dilakukan evaluasi untuk memastikan pemanfaatan SI/TI telah sesuai.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017