JURNAL PENDIDIKAN GLASSER
Vol 1, No 1 (2017)

PERSEPSI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA PENGAWAS SEKOLAH

HASRAT AIMANG (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2018

Abstract

AbstrakTugas pokok pengawas sekolah/satuan pendidikan adalah melakukan penilaian dan pembinaan dengan melaksanakan fungsi-fungsi supervisi, baik supervisi akademik maupun supervisi manajerial.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kinerja pengawas Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) dan Pengawas Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) se Kecamatan Luwuk. Sedangkan kegunaan penelitian yaitu memberikan informasi ilmiah kepada para pelaku pendidikan. Waktu penelitian ini akan dilaksanakan pada Februari sampai dengan Mei 2016 dengan lokasi penelitian di Kecamatan Luwuk, Metode Penelitian ini menggunakan deskriptif eksplanatori. Teknik pengumpulan datanya dilakukan secara kuntitatif dan kualitatif, Dengan pengumpulan data untuk uji coba instrumen dan dua pengumpulan data dalam rangka penelitian yang sebenarnya. Untuk memperoleh data mengenai persepsi kepala sekolah terhadap kinerja pengawas yang akan dikumpulkan, diolah dan dianalisis, maka peneliti menggunakan beberapa metode pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara, Kuesioner dan Dokumentasi, Instrumen yang digunakan dalam teknik dokumentasi ini adalah pedoman tentang hal-hal yang dibutuhkan untuk memperkuat informasi yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan kuesioner yang dilakukan.Dari hasil penelitian sementara melalui sebaran angket menunjukan kinerja pengawas satuan pendidikan di Kecamatan Luwuk yang berdasarkan skala penilaian maka tergolong tinggi dengan perolehan skor rata-rata adalah 77.5.Kata Kunci: Persepsi Kepala Sekolah, Kinerja Pengawas Sekolah.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

glasser

Publisher

Subject

Education

Description

Glasser is an education journal that published twice a year in April and October. Glasser journal aims to publish conceptual, review, and research from tecahers, scientiests, and other schorals which expert in education ...