JURNAL PENDIDIKAN GLASSER
Vol 1, No 2 (2017)

PENGARUH KELENTUKAN, KEKUATAN OTOT TUNGKAI DAN KOORDINASI MATA-KAKI TERHADAP KETERAMPILAN SEPAKSILA PADA ATLET SEPAKTAKRAW SULAWESI SELATAN

SUHARTIWI SUHARTIWI (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2018

Abstract

Salah satu faktor terpenting dalam pencapaian prestasi maksimal pada atlet sepaktakraw adalah dengan memiliki kondisi fisik yang dapat menunjang keterampilan khususnya keterampilan sepaksila dalam permainan sepaktakraw. Kelentukan yang baik dapat memudahkan atlet dalam meluweskan lipatan salah satu kaki ke atas saat melakukan keterampilan sepaksila, dibutuhkan kekuatan otot tungkai pada saat salah satu kaki yang menjadi tumpuan berat badan dan koordinasi mata kaki sangat dibutuhkan sebelum sesaat melakukan sepakan dalam permainan sepaksila.Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif dengan menggunakan teknik analisis jalur (Path Analysis). Populasinya adalah atlet sepaktakraw Sulawesi Selatan yang termasuk dalam pembinaan Sulsel Maju II dan PPLP ( Pusat Pendidikan Latihan Pelajar) yang totalnya berjumlah 24 orang. Teknik penentuan sampelnya adalah sampel jenuh. Teknik anaslisa data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis jalur dengan bantuan program computer SPSS 16.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Atlet sepaktakraw Sulawesi Selatan memiliki kelentukan berpengaruh secara langsung terhadap koordinasi mata kaki sebesar 42,90%.(2) Kekuatan otot tungkai berpengaruh langsung terhadap koordinasi mata kaki sebesar 9,61%. (3) Kelentukan berpengaruh secara langsung dan tidak langsung terhadap keterampilan sepaksila pada permainan sepaktakraw sebesar 20,64%. (4) Kekuatan otot tungkai berpengaruh secara langsung dan tidak langsung terhadap keterampilan sepaksila pada permainan sepaktakraw sebesar 12,27%. (5) Koordinasi mata kaki berpengaruh secara langsung terhadap keterampilan sepaksila pada permainan sepaktakraw sebesar 15,44%.Kata Kunci : Kelentukan, Kekuatan otot tungkai, koordinasi mata kaki, keterampilan sepaksila.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

glasser

Publisher

Subject

Education

Description

Glasser is an education journal that published twice a year in April and October. Glasser journal aims to publish conceptual, review, and research from tecahers, scientiests, and other schorals which expert in education ...