Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif student teams achievement divisions (STAD) dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal pada siswa. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah classroom action research dengan mendeskripsikan kegiatan yang terjadi di dalam kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tanjungrujo 4 Kota Malang dengan jumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal siswa kelas IV SDN Tanjungrejo 4 Kota Malang dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran STAD. Pembelajaran dengan penggunaan model STAD ini menggunakan kelompok kecil sehingga siswa dapat bekerja sama untuk memaksimalkan pembelajarannya sendiri dan orang lain, sehingga dapat mendorong siswa untuk meningkatkan kepekaan sosial, pemahaman sosial, dan komunikasi sosial bisa maksimal.Kata kunci: kecerdasan interpersonal, pembelajaran kooperatifAbstract: This study aims to describe the application of cooperative learning models student teams achievement divisions (STAD) in improving students' interpersonal intelligence. The approach taken in this research is classroom action research by describing what activities happens in the classroom. The subjects in this study are the fourth grade students SDN Tanjungrejo IV Malang with 30 people. The results showed that interpersonal intelligence of fourth grade students of SDN Tanjungrejo IV Malang can be improved through this STAD model. This learning STAD model uses with small groups so that students can work together to maximize their own learning and others, so as to encourage students to increase social sensitivity, social understanding, and social communication can be maximized.Keywords: interpersonal intelligence, cooperative learning
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018