Buffer Informatika
Vol 3, No 1 (2017)

APLIKASI PELAYANAN ANTRIAN DI APOTEK DHEA BERBASIS WAP (WIRELESSS APPLICATION PROTOCOL) DAN SMS GATEWAY

Irawan, Dede (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2017

Abstract

Abstrak       Saat ini, masih banyak instansi /perusahaan yang belum memanfaatkan teknologi untuk memberikan kemudahan bagi para pemakainya khususnya dalam pelayanan antrian. Seperti hal nya di Apotek Dhea, di Apotek ini terdapat beberapa layanan klinik kesehatan diataranya: klinik kandungan, anak, gigi dan THT. Terkadang pasien memesan terlebih dahulu nomor antrian untuk mendapatkan antrian lebih awal, fenomena ini terjadi karena adanya perbedaan waktu antara pelayanan klinik kesehatan yang mengharuskan pasien memesan terlebih dahulu antrian sebelum waktu pemeriksaan, hal ini lah yang menjadi acuan pembuatan aplikasi pelayanan antrian.Aplikasi pelayanan antrian ini adalah suatu cara tertentu untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Pelayanan terbaik tersebut diantaranya adalah memberikan pelayanan yang cepat sehingga pasien tidak dibiarkan menunggu terlalu lama. Aplikasi pelayanan antrian ini memberikan kemudahan bagi pasien, pasien dapat mengakses antrian yang dapat dipesan melalui telepon seluler dengan format WAP (Wireless Application Protocol) dan informasi antrian akan disampaikan kepada pasien melalui format SMS Gateway.Maka, dengan adanya aplikasi ini akan memberi kemudahan pasien dalam melakukan pendaftaran antrian, pasien dapat mengakses pelayanan pendaftaran antrian dan informasi klinik kesehatan secara Mobile yang dapat di akses setiap saat hanya dengan menggunakan ponsel yang akan berpengaruh terhadap pengolahan data pemesanan antrian sehingga lebih mudah dan efektif. Kata kunci: Pelayanan Antrian, Apotek Dhea, WAP, SMS Gateway

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

buffer

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

BUFFER INFORMATIKA adalah jurnal peer-review tentang Informasi dan Teknologi yang mencakup semua cabang IT dan sub-disiplin ilmu termasuk Algoritma, Jaringan Komputer, Game, Rekayasa Perangkat Lunak, Aplikasi Mobile, Kecerdasan Buatan, Image Processing, Grafik Komputer, Data Maining dan Informasi ...