Jurnal Al-Muta`aliyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 3 No. 1 (2018): Pendidikan Dasar

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Ekosistem di SMA Negeri 2 Maumere

Mansur S (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Maumere melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan materi ekosistem. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus tindakan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA I SMA Negeri 2 Maumere dengan jumlah siswa 36 orang. Metode pengumpulan data meliputi motivasi belajar siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD dan data hasil tes yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dengan pemberian kusioner pada siklus I dengan jumlah 36 orang siswa yang mempunyai sikap atau minat dengan kategori cukup 10 orang, baik 8 orang, sangat baik 2 orang dan kurang 16 orang, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan dengan jumlah siswa yang mempunyai sikap atau minat dengan kategori, cukup 5 orang, kurang 2 orang, baik 25 orang, sangat baik 4 orang. Hasil belajar menunjukkan adanya peningkatan presentase siswa yang tuntas belajar secara klasikal meningkat dari siklus I 69,44% meningkat sebesar 100% pada siklus II. Peningkatan nilai motivasi belajar siswa pada setiap siklus menunjukan bahwa pembelajaran model kooperati tipe STAD dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X IPA I SMA Negeri 2 Maumere.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

mutaaliyah

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

Muta’aliyah merupakan Jurnal Pendidikan Islam (JPI) di rencanakan akan terbit 1 kali setahun dengan fokus kajian Studi Pendididkan Islam secara komprehensif, Jurnal ini di harapkan mampu menjadi ruang kontemplasi dan perenungan pemikiran Pendidikan Islam secara kritis bagi semua kalangan ...