InComTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer
Vol 4, No 1 (2013)

Analisa Kinerja Revenue Assurance pada Layanan 3G Menggunakan Metode Balanced Scorecard

Agus Saeful Amal (Unknown)
Iwan Krisnadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2017

Abstract

Dari berbagai studi yang dilakukan para penyedia jasa telekomunikasimenunjukkan bahwa kehilangan pendapatan yang diakibatkan olehkebocoran tidak lebih dari 3% dari total revenue yang didapatkan.Sementara, sebagian pakar industri dan hasil survey terhadap operatortelekomunikasi menunjukkan kemungkinan kehilangan tersebut berkisarantara 1% sampai 30% dari potensi pendapatan akibat kebocorandengan rata-rata kebocoran 3%. Pada tesis ini akan dicari berapa besarkebocoran revenue yang mungkin terjadi di PT. XYZ. Data diambil darirekaman pelanggan (CDR) yang khusus menggunakan layanan 3G, sertadata keluhan pelanggan. Pengukuran kinerja dilakukan denganpendekatan metode Balanced Scorecard (BSC). Dari hasil scoringdengan Balanced Scorecard diperoleh nilai total 94,96%, dimana nilaitersebut masuk sebagai kategori istimewa/excellent. Hasil yang samadidapatkan oleh hampir semua perpektif BSC, yaitu keuangan, prosesbisnis internal, dan pembelajaran dan pertumbuhan. Hanya perpektifpelanggan yang belum mencapai target KPI, walaupun masih masuksebagai kategori baik, yaitu 78,89%.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

Incomtech

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Program Studi Magister Teknik Elektro UMB menerbitkan Jurnal InComTech sebagai wadah bagi para akademisi, praktisi dan penggiat lainnya dalam bidang telekomunikasi dan computer (Information and Communication Technology/ICT) untuk menerbitkan karya tulisnya. Bidang-bidang yang menjadi bahasan jurnal ...