Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK)
Vol 4, No 1 (2018)

Meningkatkan keterampilan procedural dan keterampilan berpikir tinggi mahasiswa melalui model pemecahan masalah pada perkuliahan elektronika dasar

Ratu, Tursina (Unknown)
Erfan, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2018

Abstract

Berlakunya Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) mengharuskan jenjang Sarjana memiliki kompetensi lulusan mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap. Standar ini secara tidak langsung menghendaki mahasiswa untuk memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan permasalahan, khususnya Elektronika Dasar. Elektronika Dasar adalah mata kuliah dengan konsep dasar fisika yang mengedepankan kemampuan analisis sintesis. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan prosedural dan keterampilan berpikir tingkat tinggi melalui model pemecahan masalah. Jenis penelitian yang digunakan berupa penelitian tindakan kelas dengan teknik pengambilan data meliputi lembar observasi dan tes. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Elektronika Dasar dengan model pemecahan masalah dapat meningkatkan keterampilan prosedural dan keterampilan berpikir tingkat tinggi terlebih pada ranah analisis dan sintesis mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Samawa pada perkuliahan Elektronika Dasar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPFK

Publisher

Subject

Astronomy Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) with registered number ISSN 2442-8868 (printed), ISSN 2442-904X(online) is scientific journals which publish articles from the fields of physics and physics education. JPFK will publish in two times issues Volume 1, Numbered: 1-2 are scheduled for ...