PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran
Volume 2 Nomor 1 April 2018

Karakter Kebangsaan Pada Buku Siswa Kelas 4 Tema “Pahlawanku”: Sebuah Implementasi

Riyana, Tyas Ani (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancangan yang dibuat guru kelas dalam mengimplementasikan nilai karakter kebangsaan, mengetahui implementasi nilai karakter kebangsaan pada proses pelaksanaan pembelajaran, mengetahui faktor penunjang dan faktor penghambat  dalam mengimplementasikan karakter kebangsaan dalam kegiatan pembelajaran , mengetahui upaya-upaya guru untuk mengatasi faktor penghambat dalam mengimplementasikan nilai karakter kebangsaan pada tema “Pahlawanku” di SD Negeri Sidorejo 01. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, bahwa peneliti ingin memahami implementasi nilai karakter kebangsaan dalam pembelajaran tema “Pahlawanku” di SD Negeri Sidorejo 01. Sumber data primer diperoleh dari buku tematik siswa kelas 4 terbitan Kemendiknas, guru kelas dan siswa kelas 4. Sumber sekunder diperoleh dari RPP dan silabus pelaksanaan pembelajaran tema “Pahlawanku”. Teknik pengumpulan data adalah analisis dokumen, observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi nilai karakter kebangsaan pada proses pembelajaran sudah baik, melalui beberapa factor penunjang yang ada mampu menutupi beberapa factor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaannya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pembelajar

Publisher

Subject

Education

Description

PEMBELAJAR menerbitkan hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik, ilmuan, dan praktisi pendidikan pada bidang Pendidikan, Keguruan, dan ...