PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran
Volume 1 Nomor 2 Oktober 2017

Perbandingan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 1 Sumarorong Yang Aktif Dalam Kegiatan OSIS Dengan Yang Tidak Aktif

Pabotak, Roberth (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran hasil belajar  siswa SMK Negeri 1 Sumarorong yang aktif dalam kegiatan OSIS dengan yang tidak aktif. Dalam penelitian ini dilakukan beberapa kegiatan yaitu merencanakan penelitian, mengumpulkan data (dengan dokumentasi), menganalisa data, dan menyusun laporan penelitian. Untuk menyusun laporan penelitian ini digunakan metode deskriptif dengan rancangan analisis t-test. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XII dengan sampel 40 orang yang masing-masing 20 orang untuk kelompok yang aktif dalam kegiatan OSIS dan 20 orang untuk kelompok yang tidak aktif. Hasil analisa data didapatkan bahwa nilai t0 (thitung) sebesar 2,452 lebih besar dari nilai tt (ttabel) yaitu sebesar 2,021 pada taraf signifikasi 5%. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang aktif dalam kegiatan OSIS dengan siswa yang tidak aktif. Hasil belajar siswa yang aktif dalam kegiatan OSIS lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak aktif.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pembelajar

Publisher

Subject

Education

Description

PEMBELAJAR menerbitkan hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik, ilmuan, dan praktisi pendidikan pada bidang Pendidikan, Keguruan, dan ...