AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk melakukukan pembaharuan dalam peningkatankreativitas mengajar dosen dalam proses pengelolaan pembelajaran agar dapatmeningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam pembelajaran istima’ (menyimak)penuturan bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untukmendapatkan data dan analisisnya melalui kajian-kajian reflektif dan kolaboratif.Pengembangan program didasarkan pada data-data dan informasi dari mahasiswa,guru dan setting sosial kelas secara alami melalui tiga tahapan siklus PenelitianTindakan Kelas (PTK). Hasil tindakan menunjukkan bahwa hasil observasiaktivitas belajar mahasiswa meningkat dari siklus pertama 55 % menjadi 71 %pada siklus kedua dan menjadi 78 % nbpada siklus ketiga. Sementara itu, hasilevaluasi penguasaan mahasiswa terhadap materi pembelajaran menunjukkanpeningkatan dari nilai rata-rata 2,8 pada siklus pertama menjadi rata-rata 3,1pada siklus kedua dan menjadi rata-rata 3,4 (85%) pada siklus ketiga. Dengandemikian, pembelajaran pada siklus III telah memenuhi indikator kinerja yangtelah ditetapkan 80%, sehingga keterampilan Istima (menyimak) bahasa Arabmahasiswa program matrikulasi kelompok VII STAIN Kendari semester ganjil2011/2012 dapat ditingkatkan melalui metode laboratory.Kata Kunci: Hasil Belajar, Keterampilan Istima’, Metode Laboratory
Copyrights © 2014