PEDAGOGI
Vol 3, No 3b (2017): DESEMBER

KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DENGAN MEDIA MOVING FLASHCARD DI TAMAN KANAK-KANAK DARUL FALAH LUBUK BUAYA PADANG

Yulsyofriend . (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2017

Abstract

Kemampuan membaca anak di Taman Kanak-kanak Darul Falah Lubuk Buaya Padang, belum berkembang dengan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Media Moving Flashcard terhadap Kemampuan Membaca Anak di Taman Kanak-kanak Darul Falah Lubuk Buaya Padang. Populasi penelitian adalah seluruh anak Taman Kanak-kanak Darul Falah Lubuk Buaya Padang, dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan cluster sampling, yaitu kelas B3 dan kelas B4 masing-masingnya berjumlah 12 orang anak. Jenis penelitian ini menggunakan Pendekatan Kuantitatif yang berbentuk kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, berupa pernyataan sebanyak 5 butir pernyataan dan alat pengumpul data menggunakan lembaran pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test) Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata hasil tes kelas eksperimen yang menggunakan Media Moving Flashcard lebih tinggi (87,5) dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan Media Kartu Baca (78,75). Berdasarkan hasil perhitungan t-test diperoleh bahwa thitung (2,6569) lebih besar dari ttabel (2,074). Maka dapat disimpulkan bahwa Media Moving Flashcard berpengaruh terhadap Kemampuan Membaca Anak di Taman Kanak-kanak Darul Falah Lubuk Buaya Padang. Kata Kunci : Moving Flashcard; Kemampuan Membaca Anak.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Pedagogi

Publisher

Subject

Education Other

Description

PEDAGOGI merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Surabaya. Jurnal ini memfokuskan pada publikasi hasil penelitian, kajian dan telaah ilmiah kritis dan komprehensif dalam bidang ilmu murni anak usia dini dan pendidikan anak usia ...