Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kepemimpinan pada siswa kelas X IPA 4 MAN 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017.Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017, dengan bentuk deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa di MAN 1 Surakarta yang berjumlah 8 orang. Dan objeknya adalah kepemimpinan pada diri siswa. Keabsahan data yang digunakan adalah teknik trianggulasi sumber dan teknik, sedangakan untuk menganalisis datanya digunakan analisis teraktif dengan langkah-langkah reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui setelah dilakukan bimbingan kelompok selama 3 kali terdapat perubahan perilaku pada diri subjek menuju kearah yang lebih baik, hal tersebut dibuktikan dengan subjek sudah dapat berkomunikasi dengan baik saat berinteraksi dengan teman-teman sebayanya dan mampu mengambil resiko.Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Kepemimpinan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017