Jurnal Kedokteran Anatomica (Anatomica Medical Journal)
Vol 1, No 2 (2018)

Tingkat Kepuasan Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Medan Area Selatan Tahun 2017

Nurul Riani Siregar (Unknown)
Elman Boy (Unknown)
Isti Ilmiati Fujiati (Unknown)
Desi Isnayanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2018

Abstract

Abstrak: Dukungan dan komitmen yang tinggi dari Pusat Kesehatan Masyarakat diperlukan untuk menciptakan layanan primer yang berkualitas bagi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Salah satu cara dalam menilai keberhasilan Puskesmas adalah tingkat kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan peserta BPJS terhadap pelayanan kesehatan di puskesmas Medan Selatan. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional yang menggunakan kuesioner terhadap 85 responden yaitu peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas Medan Selatan. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan Customer Satisfaction Index (CSI). Berdasarkan metode CSI ditemukan bahwa tingkat kepuasan peserta BPJS dalam setiap dimensi keandalan 70,4%, daya tanggap 71,6%, jaminan 73,6%, tangible 69,4%, dan empati 73,8%. Simpulan, kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan di Puskesmas Medan Selatan (71,8%), skor ini dengan metode CSI adalah kategori puas. Namun, berdasarkan standar BPJS termasuk dalam kategori tidak puas.Kata kunci: BPJS kesehatan, kepuasan pasien, perawatan kesehatan, puskesmas. Customer Satisfaction Index of Badan Penyelenggara Jaminan Sosial on Health Service at Puskesmas Medan Area Selatan in 2017 Abstract: The support and high commitment from Public Health Center are necessary needed to create quality primary service for Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Health participants. One that can assess the success of Public Health Center is the level of patient satisfaction. This research aimed to determine the level of BPJS participant satisfaction toward health services in South Medan Area health centers. This study used cross-sectional design with a questionnaire with 85 respondents that are BPJS Health participants in South Medan Area health centers. Data analysis technique using statistic descriptive and Customer satisfaction index (CSI).  Based on the method of CSI found that the level of satisfaction of BPJS participants in each dimension reliability 70.4%, responsiveness 71.6%, assurance 73.6%, tangible 69.4%, and empathy 73.8%.  Conclusion, Patient satisfaction in health care in South Medan Area health centers (71.8%), this score with CSI method are the satisfied category. However, based on BPJS standards included in the unsatisfied category.Keywords: BPJS Health, Health Care, Patient Satisfaction, Public Health Center

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

AMJ

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Medicine & Pharmacology Neuroscience

Description

Anatomica Medical Journal (AMJ) ini merupakan jenis jurnal ilmiah berskala nasional dan dipublikasi via online, memiliki e-issn yang terdaftar di PDII-LIPI. Anatomica Medical Journal ini juga terdaftar dalam jurnal Online Journal System (OJS) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). Ruang ...