PENTAS : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 4 No 1 (2018): PENTAS: Mei 2018

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TANDUR PADA SISWA KELAS IV MI. MIFTAHUL ULUM BANDUNGSARI KECAMATAN SUKODADI KABUPATEN LAMONGAN

NURUL HIDAYAH (Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum)



Article Info

Publish Date
11 May 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah (1) mendskripsikan aktifitas guru, (2) mendeskripsikan aktifitas siswa yang berkaitan dengan proses pembelajaran dan hasil akhir pembelajaran, dan (3) mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa dalam menulis puisi dengan model pembelajaran TANDUR. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Yang dimaksud dengan metode kualitatif adalah metode yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, motivasi, tindakan dan lain-lain dengan cara deskriptif dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktifitas guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran memperoleh kreiteria sangat baik dengan persentase skor 94,55%. Aktifitas siswa dalam proses menulis pantun terbilang sangat baik dengan perolehan skor 90% dan hasil kerja siswa dikategorikan baik dengan persentase skor 84%. Adapun peningkatan kemampuan menulis siswa sebesar 9%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pentas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

PENTAS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is a journal published by Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan This journal which is published twice a year provides a room for researchers, ...