Studi tentang Identifikasi Strategi Pengembangan Usaha pada Kerajinan Nentu di Kecamatan Kadia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan usaha yang diterapkan pada kerajinan Nentu di Kecamatan Kadia. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi dan wawancara. Dokumentasi dilakukan untuk mengetahui perkembangan usaha kerajinan nentu. Wawancara digunakan untuk mengetahui indicator strategi pengembangan usaha yang diterapkan pada usaha kerajinan nentu. Hasil penelitian menunjukkan keuntungan bersih yang diperoleh pada tahun 2013 meningkat sebesar 585,12% dibanding tahun 2011. Keberhasilan ini ditentukan oleh strategi yang diterapkan adalah strategi pengembangan produk meliputi desain produk dan lini produk; strategi pengembangan distribusi meliputi strategi distribusi pemasaran dan strategi harga, strategi promosi; dan strategi pengembangan modal usaha, yaitu pengembangan modal usaha dengan mengalokasikan sebagian 50% dari laba usaha (pendapatan) untuk menambah modal kerja.Kunci: Strategi pengembangan usaha, nentu
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014