Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil be/ajar siswa pada materi asam-basa di kelas XI IPA MAN Pandan. Hal ini terjadi karena model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran kimia masih kurang tepat dan kurang bervariasi sehingga belum mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Praktikum Altematif Sederhana (PAS) terhadap hasil be/ajar kimia siswa pada materi asam-basa di kelas XI IPA MAN Pandan tahun ajaran 201312014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen dengan menggunakan dua kelas sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Dari analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Praktikum Alternatif Sederhana (PAS) dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar. Hasil belajar dengan metode Praktikum Altematif Sederhana (PAS) lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran langsung.Dari hasil pretest kedua kelas sampel diperoleh rata-rata nilai yang hampir sama yaitu 69,31 dan 64,54. Setelah diberikan perlakuan dengan metode Praktikum Altematif Sederhana (PAS) dan tanpa metode Praktikum Altematif Sederhana (PAS). Pada kelas dengan metode Praktikum Altematif Sederhana (PAS) diperoleh nilai postest rata-rata sebesar 82,73 sedangkan kelas dengan metode Pembelajaran Langsung diperoleh nilai rata-rata postest 67,5. Kesimpulan dari penelitiaan ini adalah metode Praktikum Altematif Sederhana (PAS) berpengaruh dalam peningkatkan hasil be/ajar siswa pada materi asam basa kelas XI IPA di MAN Pandan. Berdasarkan hasil penelitian disarankan guru menerapkan metode tersebut untuk meningkatkan hasil be/ajar kimia siswa.Kata Kunci: Hasil Be/ajar, Praktikum Alternatif Sederhana (PAS), asam basa.
Copyrights © 2017