EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA
Vol 1, No 2 (2016): Eksakta : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA

UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI MTs MUHAMMADIYAH 7 HASAHATAN JULU

Muhammad Darwis (Dosen Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2017

Abstract

Praktek pembelajaran disemua jenjang pendidikan di indonesia masih cenderung mengagungkan aspek intelektualitas dan lebih mementingkan hasil belajar domain kognitif. Akibatnya persoalan nilai, sikap, minat, kreativitas seringkali terabaikan. Oleh karena itu perlu adanya upaya yang dilakukan oleh guru untuk menggunakan pendekatan pembelajaran. Model pembelajaran problem based learning (PBL) merupakan tindakan pemecahan yang dilakukan karena dapat meningkatkan kreativitas belajar ilmu pengetahuan alam (IPA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa pada pokok bahasan perkembangan dan pertumbuhan  di kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), Subjek penelitian adalah kelas VIII Mts. Muhammadiyah 7 Hasahatan Julu tahun pelajaran 2014-2015 yang berjumlah 28 orang. Objek penelitian yang di amati dalam penelitian ini adalah (1) hasil belajar, (2) kreativitas belajar ilmu pengetahuan alam (IPA), (3) penerapan model pembelajaran problem based learning. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi, tes dan angket. Alat pengumpulan data berupa tesuntuk memperoleh data tentang kemampuan berpikir siswa sebagai kreativitas belajar. Analisis data kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran diambil dari tes kreativitas belajar siswa dengan pendekatan PBL menggunakan statistik deskriptif untuk mengklasikasikan secara aktif.Pada siklus I siswa dengan nilai tuntas hanya 57,15%. Sedangkan lembar observasi aktivitas belajar biologi siswa diambil suatu kesimpulan bahwa aktivitas siswa dalam belajar tergolong rendah yaitu 49,5%. Dari hasil ini akan diupayakan pada siklus berikutnya agar hasil belajar biologi siswa dapat meningkat, sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Pada siklus kedua siswa dengan nilai tuntas mencapai 85,72%. Sedangkan aktivitas belajar siswa dalam belajar mengalami peningkatan menjadi 50,78%. Kata Kunci : Kreativitas, Problem Based Learning, Hasil Belajar

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

eksakta

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Eksakta diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Pendidikan di bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Jurnal Eksakta memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu isu yang relevan dalam bidang ...