Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuju era globalisasi memberikan harapan baru bagi kita untuk lebih berpacu dalam melaksanakan kegiatan pendidikan. Matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang sangat sulit dibandingkan dengan mata pelajaran yang lain.Dari permasalahan tersebut maka peneliti mengambil rumusan masalah adalah 1) apakah pengaruh penerapan paradigma I2M3 dengan pembelajaran konvensional, 2) apakah pengaruh penerapan paradigma I2M3 terhadap prestasi belajar matematika pada siswa. Hipotesa meyatakan bahwa “ada Pengaruh Penerapan Paradigma I2M3 dan Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMK Negeri 3 Kota Probolinggokelas XI APH (Akomodasi Perhotelan) dan kelas XI DKV (Desain Komunikasi Visual) Tahun Pelajaran 2017 / 2018.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan penyebaran angket. Dan tekhnik yang digunakan untuk menganalisa data adalah dengan analisa varians ( Anava ) 2 – jalur. Sehingga memperoleh hasil bahwa hipotesi diterima.Setelah seluruh hasil analisis dideskripsikan dan dibahas maka dapat dibuat kesimpulan sebagai berikut: a) Terdapat perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar mata pelajaran matematika antara siswa yang diajar dengan paradigma I2M3 dengan yang diajarkan melalui pendekatan konvensional, b) terdapat interaksi antara penerapan paradigma I2M3 terhadap prestasi belajar matematika.
Copyrights © 2018