Jurnal Candrasangkala Pendidikan Sejarah
Vol 2, No 2 (2016)

PENGEMBANGAN MATERI AJAR NILAI-NILAI BUDAYA LOKAL “GREEN BEHAVIOUR” DI BANTEN

Ana Nurhasanah (Jurusan Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Jln. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten)
Yuni Maryuni (Jurusan Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Jln. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten)
Arif Permana Putra (Jurusan Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Jln. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten)
Rikza Fauzan (Jurusan Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Jln. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten)
Nashar Nashar (Jurusan Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Jln. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten)
Eko Ribawati (Jurusan Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Jln. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini bertolak dari keresahan terhadap rendahnya pembelajaran sejarah lokal sebagai sebuah identitas yang semakin tidak menyentuh generasi muda saat ini dan nilai tradisi masyarakat adat Baduy sebagai salah satu etnis lokal Banten yang terabaikan sebagai salah satu karakter bangsa. Rumusan masalah Nilai-nilai budaya apa saja yang dikembangkan dari masyarakat adat Baduy dalam pembelajaran sejarah di SMAN 3 Rangkasbitung? dan Bagaimana aktualisasi pendidikan nilai budaya adat suku Baduy dalam pembelajaran sejarah di SMAN 3 Rangkasbitung? serta Bagaimana internalisasi pendidikan nilai budaya adat suku Baduy melalui pembelajaran sejarah bagi peserta didik di SMAN 3 Rangkasbitung. Metodologi penelitian yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan Etnografi dan Naturalistik Inkuiri.Dari hasil penelitian pembelajaran sejarah lokal dalam pengembangan materi nilai tradisi masyarakat adat Baduy dimulai dengan melakukan (1) Observasi dan wawancara terhadap narasumber (2) analisis hasil wawancara dan studi literatur (3) Internalisasi nilai-nilai tradisi masyarakat adat baduy dala pembelajaran di SMAN 3 Rangkasbitung, memanfaatkan sejarah lokal masyarakat adat Baduy (Selanjutnya guru yang kesulitan diupayakan untuk mampu meningkatkan aktivitas, kreativitas, dan kegairahan siswa maupun guru mengenai nilai-nilai tradisi masyarakat adat baduy dan penanaman nilai pelestarian lingkungan. Kegiatan pembelajaran disesuaikan dengan tujuan pembelajaran diantaranya kemampuan kerja sama, tanggung jawab, mencari dan menemukan sumber belajar, mandiri, sikap berani, menghargai waktu, pantang menyerah, dan toleransi serta menghubungkan peristiwa sejarah dengan kehidupan seharihari dalam upaya mempersiapkan warga negara yang berjiwa multikultural dan memiliki rasa cinta dan bangga terhadap Indonesia.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

Candrasangkala

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of History Education Department in Faculty of Teacher Training and Education named Candrasangkala. In Indonesia Candrasangkala is the year of Saka as one of the influence of Hinduism. As a journal name, Candrasangkala is unique and closely related to history in terms of temporal aspects. ...