Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel motivasi, kreativitas dan inovasi terhadapminat berwirausaha. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan metode penelitian asosiatif interaktif. Populasipenelitian adalah seluruh mahasiswa/i Fakultas Ekonomi Universitas Persada Indonesia Yayasan AdministrasiIndonesia (UPI-Y.A.I.) Jakarta. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive samplingsebanyak 50 responden yaitu mahasiswa/i FE UPI-Y.A.I. semester akhir yang pernah mendapatkan mata kuliahkewirausahaan. Analisa data penelitian kuantitatif yang mencakup analisis korelasi, analisis determinasi dananalisis regresi linear berganda (simultan), serta uji hipotesis yang menggunakan uji-t dan uji-F (ANOVA).Pengolahan data dilakukan dengan program SPSS 17.0 for windows diperoleh nilai koefisien korelasi r = 0,856.Koefisien determinasi r2 = 0,714 artinya kontribusi variabel motivasi, kreativitas dan inovasi terhadap variasiminat berwirausaha sebesar 71,4% dan sisanya sebesar 28,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Persamaan regresidiperoleh Ŷ = 1,362 + 0,360 X1 + 0,377 X2 + 0,529 X3. Berdasarkan uji ANOVA (Uji F) disimpulkan bahwamotivasi, kreativitas dan inovasi berpengaruh secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha dan berperanaktif terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UPI Y.A.I. Model regresi hasil penelitianini terbukti benar dan layak digunakan untuk peramalan.
Copyrights © 2018