IKRA-ITH Humaniora : Jurnal Sosial dan Humaniora
Vol 2 No 1 (2018): IKRAITH-HUMANIORA vol 2 Nomor 1 Bulan Maret 2018

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PERSADA INDONESIA Y.A.I.

Mahanani, Estu (Unknown)
Sari, Bida (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel motivasi, kreativitas dan inovasi terhadapminat berwirausaha. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan metode penelitian asosiatif interaktif. Populasipenelitian adalah seluruh mahasiswa/i Fakultas Ekonomi Universitas Persada Indonesia Yayasan AdministrasiIndonesia (UPI-Y.A.I.) Jakarta. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive samplingsebanyak 50 responden yaitu mahasiswa/i FE UPI-Y.A.I. semester akhir yang pernah mendapatkan mata kuliahkewirausahaan. Analisa data penelitian kuantitatif yang mencakup analisis korelasi, analisis determinasi dananalisis regresi linear berganda (simultan), serta uji hipotesis yang menggunakan uji-t dan uji-F (ANOVA).Pengolahan data dilakukan dengan program SPSS 17.0 for windows diperoleh nilai koefisien korelasi r = 0,856.Koefisien determinasi r2 = 0,714 artinya kontribusi variabel motivasi, kreativitas dan inovasi terhadap variasiminat berwirausaha sebesar 71,4% dan sisanya sebesar 28,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Persamaan regresidiperoleh Ŷ = 1,362 + 0,360 X1 + 0,377 X2 + 0,529 X3. Berdasarkan uji ANOVA (Uji F) disimpulkan bahwamotivasi, kreativitas dan inovasi berpengaruh secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha dan berperanaktif terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UPI Y.A.I. Model regresi hasil penelitianini terbukti benar dan layak digunakan untuk peramalan.

Copyrights © 2018