IKRA-ITH Humaniora : Jurnal Sosial dan Humaniora
Vol 1 No 2 (2017): IKRAITH-HUMANIORA vol 1 Nomor 2 Bulan November 2017

DIMENSI INFORMATION CONTROL KUALITAS LAYANAN PERPUSERU PERPUSTAKAAN MASTRIP KABUPATEN JOMBANG

Fahimah, Mar’atul (Unknown)
Meishanti, Ospa Pea Yuanita (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2018

Abstract

Program perpuseru mempunyai visi mengubah perpustaakaan sebagai wadah masyarakat untuk belajar,mengembangkan diri dan peningkatan taraf hidup. Perpustakaan Mastrip Kabupaten Jombang bekerjasamadengan Coca-Cola Foundation menjalankan program tersebut. Kualitas layanan menjadi suatu hal yang sangatpenting bagi instansi yang melayani kepentingan publik. Persepsi publik yang baik berbanding lurus dengankualitas layanan yang tinggi. Kualitas layanan ini dilihat dari salah satu dimensi LibQual+™ yaitu informationcontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi Information Control skor harapan minimum sebesar 2,62,skor harapan yang diinginkan (desire) sebesar 3,52 , dan skor persepsi sebesar 4,19. Data tersebut dapat diartikanbahwa nilai rata-rata persepsi lebih tinggi dari harapan minimum, sehingga memperoleh nilai kesenjangan(Adequacy Gap) positif yaitu 1,57 dengan nilai Superiority Gap 0,67. Nilai Adequency gap dan Superiority gapyang positif dapat menggambarkan pemustaka atau pengguna program perpuseru perpustakaan Mastrip kabupatenJombang mempersepsikan kualitas layanan yang diterima dalam ketersediaan koleksi dan kemudahanmendapatkan informasi kegiatan program perpuseru melebihi harapan yang diinginkan.

Copyrights © 2017