Jurnal Pendidikan Islam Iqra'
Vol 9, No 1 (2015)

Pemikiran Pendidikan Islam: Analisis Teologis-Normatif, Historis-Sosiologis dalam Filsafat Pendidikan Islam dan Implementasinya di Sekolah dan Madrasah

Mustafa Mustafa (IAIN Manado)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2018

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pemikiran pendidikan Islam yang telah tertuang dalam konsep ajaran Islam yang dilakukan penafsiran dan diimplementasikan berdasarkan pertimbangan kondisi atau konteks kekinian dengan pendekatan-pendekatan yang ada. Permasalahan pokok yang dikaji terfokus pada teologis-normatif dan historis-sosiologis dalam konsep dan penyelenggaraan pendidikan Islam itu kemudian dilakukan analisis kembali yang berdasarkan orientasi pendidikan Islam dengan melahirkan paradigma dan gagasan-gagasan baru, sehingga dinamika pendidikan Islam itu berjalan sesuai dengan waktu untuk menghadapi tantangan zaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kefilsafatan untuk melihat konsep teologis-normatif dan historis-sosiologis pendidikan Islam dengan memakai pendekatan kualitatif dan analisis secara induktif dan deduktif. Hasil dari penelitian ini diantaranya adalah pemikiran pendidikan Islam dapat diimplementasikan di sekolah dan madrasah dengan gambaran mencoba lebih mengembangkan kearah yang lebih metodologis dan praksis, yang berangkat dari teori dan pemetaan pemikiran secara sosiologis-historis pendidikan dengan di reduksi kepada pengembangan yang lebih praksis sesuai dengan pengembangan di sekolah.Kata Kunci: Pemikiran Pendidikan Islam, Teologis-Normatif, Historis-Sosiologis, Sekolah, Madrasah

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JII

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL PENDIDIKAN ISLAM IQRA' diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Manado bulan Juni dan Desember setiap tahun. Jurnal ini, berisi kajian seputar Pendidikan Agama Islam, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Guru Raudhatul Atfhal, ...