JURNAL MANAJEMEN INDUSTRI DAN LOGISTIK
Vol 2, No 1 (2018): page : 03-95

DAMPAK KINERJA BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KULIAH CALON MAHASISWA POLITEKNIK X CIMAHI

Suharyanto (Universitas Kebangsaan), Suharyanto ( Kebangsaan University)



Article Info

Publish Date
31 May 2018

Abstract

Jasa penyelenggaraan pendidikan tinggi saat ini menjadi kegiatan yang menuntut usaha keras dalam meraih mahasiswa baru. Banyaknya lulusan sekolah menengah tingkat atas (SMA/SMK) yang berniat melanjutkan studi menjadi peluang yang baik. Untuk menangkap peluang tersebut, institusi perguruan tinggi harus bersaing ketat dengan perguruan tinggi lain, dengan menerapkan bauran pemasaran yang tepat. Artikel ini merupakan hasil penelitian tentang kinerja bauran pemasaran serta dampaknya terhadap keputusan kuliah calon mahasiswa Politeknik X Cimahi. Populasi dalam penelitian ini adalah calon mahasiswa pendaftar tahun 2017. Sampel diambil secara acak sederhana sebanyak 50 calon. Analisis hubungan variabel kinerja bauran pemasaran  terhadap keputusan kuliah menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran memberikan dampak cukup signifikan 61,4% terhadap keputusan kuliah, dan 38,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Model regresi yang terbentuk adalah Y= 0,690X+1,248.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JMIL

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Transportation

Description

Jurnal Manajemen Industri dan Logistik (Industrial and Logistic Management Journal) JMIL, invites academician/researchers/contributors to submit research papers, technical papers, conceptual papers, and case study reports in the scope of Logistics Management, Industrial Marketing, and International ...