Indonesian Journal of Education and Learning
Vol 1, No 1 (2017): Indonesian Journal of Education and Learning

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK SELF REGULATION

Nur Charisatun (SMA Negeri 5 Magelang)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2017

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh penggunaan  Teknik Self Regulation melalui  layanan penguasaan konten dapat   Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X-B SMA Negeri 5 Magelang Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada siklus 1 rata-rata 66,4%, dan pada siklus 2 rata rata 81,7%, maka mengalami peningkatan 15,3%. Hasil observasi aktivitas siswa dalam mengikuti layanan juga mengalami peningkatan pada siklus 1 rata rata menunjukkan bahwa sebanyak 64,66% keaktifan siswa (baik), 74,66 % perhatian siswa (baik), 66% mengajukan pertanyaan (baik) , 59,33% kemampuan menjawab (cukup baik), 62% siswa berpendapat (baik).dan pada siklus 2  sebanyak 85% keaktifan siswa (sangat baik), 85 % perhatian siswa (sangat baik), 77% mengajukan pertanyaan (baik) , 71% kemampuan menjawab (baik), 77% siswa berpendapat (baik). Maka dapat disimpulkan bahwa layanan penguasaan konten dengan teknik self regulation dapat meningkatkan motivasi belajar.

Copyrights © 2017