Banyak inovasi pembelajaran telah diterapkan di perguruan tinggi, tetapi masih ditemui proses pembelajaran yang hanya menekankan pada ranah kognitif, kurang mengaktifkan mahasiswa dalam proses pembelajaran. Aspek kognitifpun hanya pada tataran ingatan, pemahaman, dan penerapan, kurang memfasilitasi pembelajaran yang menstimulasi berfikir tingkat tinggi, yaitu analisis, sintesis, dan evaluasi, apalagi kreasi. Model pembelajaran yang digunakanpun belum banyak memfasilitasi mahasiswa untuk belajar secara aktif. Sebagai akibatnya pembelajaran lebih banyak didominasi dosen sehingga kegiatan mahasiswa kurang optimal.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan materi ajar mata kuliah“Psikologi Pendidikan” dengan pendekatan pembelajaran berbasis riset (PBR).Produk yang dihasilkan adalah (1) Materi ajar Psikologi Pendidikan dengan model belajar berbasis riset”, dan (2) Artikel yang terkait dengan pembelajaran berbasis riset.Hasil validasi pakar pembelajaran, materi ajar dinyatakan layak dengan revisi sebesar 70%, untuk selanjutnya digunakan dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) 100% materi ajar sudah sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator; (b) 85% materi ajar sesuai dengan kebutuhan mahasiswa; (c) 90% materi ajar akurat, (d) 100% materi ajar yang disusun mutakhir; (e) 95% materi ajar jelas informasinya; (f) 95% penyajian materi ajar layak; (g) 90% teknik penyajian sudah lengkap dan bagus; (h) 75% sudah memenuhi metode belajar berbasis riset (BBR), (i) 67% menyatakan desain buku ajar sudah bagus dang lengkap; (j) 100% validator menyatakan buku ajar berfungsi bagi dosen dan mahasiswa.
Copyrights © 2018