Salah satu cara untuk melakukan kegiatan pemasaran dan promosi melalui media internet adalah dengan meletakkan iklan-iklan dengan ukuran tertentu dalam sebuah halaman web. Iklan-iklan tersebut dirancang dengan sebaik mungkin untuk menarik perhatian para pengguna internet yang menjadi target dalam upaya ini.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah iklan-iklan yang ditampilkan dalam halaman web tersebut efektif. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari perbedaan letak iklan terhadap perhatian pengguna internet. Penelitian ini dibatasi hanya pada halaman web berita saja dengan anggapan bahwa web berita merupakan web yang sering dikunjungi oleh pengguna internet. Ukuran-ukuran iklan yang digunakan juga terbatas hanya untuk iklan dengan ukuran 468x60 pixel, 240x120 pixel dan 125x125 pixel. Metode yang digunakan adalah dengan metode eksperimen dimana setiap responden diminta untuk mengunjungi suatu halaman web berita dan diakhir akan diminta untuk menjawab pertanyaan seputar iklan yang ditampilkan. Pertanyaannya berupa multiple choice dengan hanya ada satu jawaban yang benar. Hasil jawaban inilah yang digunakan sebagai bahan analisis.
Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa responden memperhatikan iklan yang ditampilkan. Iklan ukuran 468x60 pixel mendapat perhatian yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan ukuran iklan yang lain dalam eksperimen ini. Tingkat perhatian pengguna internet terhadap iklan-iklan tersebut termasuk dalam kategori sedang dengan indikator pengenalan (recognition) terhadap iklan yang ditampilkan. Selain itu, diperoleh hasil bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap perhatian jika iklan-iklan tersebut diletakkan pada tempat yang berbeda.
Copyrights © 0000