JURNAL SERAMBI ILMU
Vol 14, No 1 (2013): Jurnal Serambi Ilmu

TINGKAT PENGUASAAN GURU SD TERHADAP MATERI GEOMETRI

Budiman, Budiman (Unknown)
Usman, Usman (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2018

Abstract

Abstrak Geometri merupakan bagian dari matematika yang sudah mulai diajarkan semenjak di sekolah dasar meningkatkan keterampilan pemecahan masalah, penalaran, dan kemudahan dalam mempelajari berbagai topik matematika, serta berbagai ilmu pengetahuan yang lain. Rendahnya penguasaan guru terhadap materi geometri. Penelitian ini dimaksudkan: (1) untuk mendeskripsikan tingkat penguasaan geomteri SD guru-guru sekolah dasar di Aceh Utara dalam menyelesaikan soal tes penguasaan geometri SD, (2) untuk menganalisis kesalahan-kesalahan guru-guru sekolah dasar di Aceh Utara dalam menyelesaikan soal tes penguasaan geometri SD, (3) untuk menentukan faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan guru sekolah dasar di Aceh Utara dalam menyelesaikan soal tes penguasaan geometri SD. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru SD yang berjumlah 14 orang yang dipilih dari 5 sekolah dasar di Kabupaten Aceh Utara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan memeriksa jawaban guru dan dikonvensikan kedalam kriteria yang telah ditetapkan. Hasil penelitian ini adalah: (1) kategori penguasaan 1 diperoleh: kategori sangat menguasai tidak ada guru (0 %), menguasai 2 orang guru (21, 42%), kurang menguasai 1 orang guru (7,14 %), dan tidak menguasai 11 orang guru (71, 42 %), (2) untuk kategori penguasaan 2 diperoleh: kategori sangat menguasai 3 orang guru (21,42 %), menguasai 3 orang guru (21, 42%), kurang menguasai 5 orang guru (35,71 %), dan tidak menguasai 3 orang guru (21, 42 %), (3) kategori penguasaan 3 diperoleh: kategori sangat menguasai tidak ada guru (0 %), menguasai 4 orang guru (28,57%), kurang menguasai 3 orang guru (21,42 %), dan tidak menguasai 7 orang guru (50%. Jenis kesalahan yaitu:konsep, prinsip, dan operasi Kata Kunci: Tingkat, Penguasaan, Geometri

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

serambi-ilmu

Publisher

Subject

Education

Description

Journal Serambi Ilmu is published since 2003, consistence to publishing the orginil manuscript of educational sourced from research results, conceptual ideas, studies and application of theory or literature review that has never been sent or published in other journals ...