Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan menulis anekdot siswa kelas X IPS2 SMA Negeri 6 Banda Aceh dengan menerapkan model pembelajaran genius learning. Asumsi model pembelajaran genius learning memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis anekdot dan menjadikan pembelajaran menulis anekdot menjadi menyenangkan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS2 SMA Negeri 6 Banda Aceh yang berjumlah 32 orang siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah eksperimen dan instrumen yang digunakan adalah jenis tes uraian dan angket. Prosedur penelitian yang dilaksanakan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Kriteria keberhasilan tindakan indikator keberhasilan produk dideskripsikan dari keberhasilan siswa dalam praktik menulis anekdot dengan strategi genius learning. Keberhasilan diperoleh jika telah terjadi peningkatan skor sebesar 75% dari jumlah siswa sesudah diberikan tindakan. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan kualitas pembelajaran menulis anekdot meningkat dengan menggunakan model pembelajaran genius learning baik dari kegiatan belajar yang lebih aktif dan menyenangkan maupun dari hasil belajar menulis anekdot dengan nilai rata-rata 85.
Copyrights © 2016