JURNAL SERAMBI ILMU
Vol 17, No 2 (2016): Jurnal Serambi Ilmu

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING PADA MATERI MENULIS ANEKDOT SISWA KELAS X IPS2 SMA NEGERI 6 BANDA ACEH

Salmah, Salmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan menulis anekdot siswa kelas X IPS2 SMA Negeri 6 Banda Aceh dengan menerapkan model pembelajaran genius learning. Asumsi model pembelajaran genius learning memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis anekdot dan menjadikan pembelajaran menulis anekdot menjadi menyenangkan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS2 SMA Negeri 6 Banda Aceh yang berjumlah 32 orang siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah eksperimen dan instrumen yang digunakan adalah jenis tes uraian dan angket. Prosedur penelitian yang dilaksanakan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Kriteria keberhasilan tindakan indikator keberhasilan produk dideskripsikan dari keberhasilan siswa dalam praktik menulis anekdot dengan strategi genius learning. Keberhasilan diperoleh jika telah terjadi peningkatan skor sebesar 75% dari jumlah siswa sesudah diberikan tindakan. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan kualitas pembelajaran menulis anekdot meningkat dengan menggunakan model pembelajaran genius learning baik dari kegiatan belajar yang lebih aktif dan menyenangkan maupun dari hasil belajar menulis anekdot dengan nilai rata-rata 85.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

serambi-ilmu

Publisher

Subject

Education

Description

Journal Serambi Ilmu is published since 2003, consistence to publishing the orginil manuscript of educational sourced from research results, conceptual ideas, studies and application of theory or literature review that has never been sent or published in other journals ...