JURNAL SERAMBI ILMU
Vol 17, No 2 (2016): Jurnal Serambi Ilmu

PENGARUH PENERAPAN MODEL ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 BANDA ACEH

Surya, Erdi (Unknown)
Fitri, Rayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penerapan Model Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa pada Konsep Sistem Pencernaan di Kelas VIII SMP Negeri 9 Banda Aceh” pada tanggal 24-29 Agustus 2015. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dengan penerapan model active knowledge sharing pada konsep sistem pencernaan di kelas VIII SMP Negeri 9 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Banda Aceh tahun ajaran 2014-2015 yang terdiri dari 4 kelas, dengan jumlah total siswa sebanyak 83 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII1 yang berjumlah 21 orang sebagai kelas eksperimen (Active knowledge sharing) dan kelas VIII2 yang berjumlah 21 orang sebagai kelas kontrol (Konvensional). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS), tes pemahaman konsep, dan lembar observasi pembelajaran. Data diolah dengan menggunakan statistik uji-t dan statistik persentase. (1) Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen (active knowledge sharing) 81,71 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol (Konvensional) 66,85, sehingga hasil uji-t menunjukkan bahwa  t-hitung ≥ t-tabel atau 5,71 ≥ 2,68. (2) Data hasil observasi penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model active knowledge sharing dapat berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa pada konsep sistem pencernaan di kelas VIII SMP Negeri 9 Banda Aceh. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas siswa pada kelas eksperimen pertemuan pertama diperoleh nilai rata-rata sebesar 69,52% terjadi peningkatan pada pertemuan kedua yaitu 87,14%. Pada kelas kontrol pertemuan pertama diperoleh nilai 53,33% terjadi peningkatan pada pertemuan ke dua menjadi 60,47%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran active knowledge sharing dapat berpengaruh terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada konsep sistem pencernaan di kelas VIII SMP Negeri 9 Banda Aceh.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

serambi-ilmu

Publisher

Subject

Education

Description

Journal Serambi Ilmu is published since 2003, consistence to publishing the orginil manuscript of educational sourced from research results, conceptual ideas, studies and application of theory or literature review that has never been sent or published in other journals ...