Pengambilan keputusan pembelian, umumnya dilakukan konsumen setelah melakukan evaluasi terhadap banyaknya pilihan produk atau jasa yang ditawarkan pada dirinya. Evaluasi ini merupakan sebuah proses dari beberapa tahapan, tingkatan, serta faktor yang mempengaruhinya secara konsisten memenuhi kebutuhan konsumen (Engel. 1995). Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa keputusan pembelian konsumen dapat terjadi jika faktor eksternal dan internal konsumen ada pada dirinya. Faktor internal misalnya motivasi secara fisiologis untuk memenuhi kebutuhannya. Disamping itu, pembelajaran, kepribadian, sikap dan pengalaman pribadi melalui pemikiran dan rasa telah dilalui konsumen menjadi pertimbangan psikologis bagi konsumen.Faktor eksternal meliputi informasi pemasaran dan lingkungan sosial budaya misalanya adalah pandangan religiusnya. Penelitian masing-masing dampak faktor internal dan eksternal telah banyak dilakukan dan memberikan kontribusi bagi upaya strategik untuk mempengaruhi perilaku konsumen. Paper ini hanya membahas pada analogi proses pengambilan keputusan konsumen setelah mendapatkan pengaruh secara internal dan eksternal.
Copyrights © 2013