Jurnal Ilmiah POTENSIA
Vol 2, No 1 (2017): JANUARI

PENGARUH MEDIA BIG BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK USIA DINI

Sundari Septiyani (Unknown)
Nina Kurniah (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media big book terhadap kemampuan berbicara anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Subjek kelompok eksperimen B3 dan subjek kelompok kontrol B6. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan purposive random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi. Teknik analisis menggunakan (uji t-test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam kemampuan berbicara (thitungĀ  5,437 ? dari ttabel 2,145) dengan rata-rata kelompok eksperimen 13,7 (baik) dan kelompok kontrol 13,1 (baik). Berdasarkan temuan penelitian disarankan kepada guru untuk dapat menggunakan media big book sebagai alternatif dalam pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan berbicara pada anak usia dini.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

potensia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Potensia merupakan hasil penelitian tentang Pendidikan Anak Usia Dini yang menyajikan hasil kajian ilmiah dan hasil penelitian dengan paradigma penelian seperti PTK, Kualitatif, Kuantitatif, Teoritik, Opini, Resensi buku dan kajian lainnya. Jurnal ini diperuntukkan bagi para ahli, ...