Guru memegang peranan utama dalam pembangunan pendidikan, khususnya yang diselenggarakan secara formal di sekolah. Guru juga sangat menentukan keberhasilan peserta didik, terutama dalam kaitannya dengan proses pembelajaran. Oleh karena itu, guru harus mempunyai kompetensi professional untuk mengemban tanggung jawab tersebut terutama dalam menumbuhkan motivasi belajarnya. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan kompetensi professional guru pendidikan agama Islam di SMP PGRI 3 Bandar Lampung dalam rangka untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didiknya agar mencapai hasil belajar yang maksimal.Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif kualitatif, data diperoleh dari metode observasi, interview, dan dokumentasi. Data kemudian diolah dengan teknik triangulasi data dengan model analisis interaktif dari Miles dan Huberman. Populasi adalah seluruh warga SMP PGRI 3 Bandar Lampung, sedangkan sampelnya diambil dengan teknik Snowball Sampling yang melibatkan orang-orang yang mengetahui variable penelitian.Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa kompetensi professional guru PAI guru SMP PGRI 3 Bandar Lampung belum memenuhi kriteria/ indikator yang diharapkan. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan metode pembelajaran yang belum bervariasi, minimnya pemanfaatan media, sarana dan prasarana. Hal ini berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik di SMP PGRI 3 Bandar Lampung.
Copyrights © 2013