Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui permainan kartu angka bergambar pada anak kelompok A1 TK Bina Kasih Batubelah Kec. Kampar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A1 usia 4-5 tahun TK Bina Kasih yang berjumlah 16 orang anak, 10 anak laki-laki 6 anak perempuan. Objek penelitian adalah kemampuan mengenal lambang bilangan. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus berlangsung selama 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak mengenal lambang bilangan 1-10 meningkat setelah adanya tindakan. Hasil observasi sebelum tindakan menunjukkan bahwa anak yang memiliki kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 adalah 25%. Pada Siklus I meningkat menjadi 50% dan pada Siklus II meningkat lagi menjadi 87,5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui permainan kartu angka bergambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak Kelompok A1 TK Bina Kasih Batubelah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017