JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN SOSIAL HUMANIORA
Vol 2 No 2 (2017): JP2SH

PELAKSANAAN INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA KLS X DI MAN 1 MEDAN

Darwis, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2018

Abstract

Karakter adalah merupakan hal yang sangat penting dan mendasar. Mengingat begitupentingnya karakter maka lembaga pendidikan hendaknya memiliki tanggung jawab yangbesar untuk menanamkan pembentukan karakter siswa. Sejauh ini dalam prosespendidikan di Indonesia yang berorientasi pada pembentukan karakter individu belumdapat dikatakan tercapai karena dalam prosesnya pendidikan di Indonesia terlalumengedepankan penilian pencapaian individu dengan tolak ukur tertentu terutama logikmatematik Persoalan karakter memang tidak sepenuhnya terabaikan oleh lembagaPendidikan. Hal ini karena apa yang diajarkan disekolah tentang pengetahuan agamadan pendidikan moral dan akhlak belum berhasil membentuk manusia yang berkarakter.Padahal apabila kita tilik isi dari semua pelajaran semuanya bagus, dan bahkan kitadapat memahami dan menghafal apa maksudnya. Untuk itu, kondisi dan faktakemerosotan karakter dan moral yang terjadi menegaskan bahwa para guru yangmengajar mata pelajaran apa pun harus memiliki perhatian dan menekankan pentingnyapendidikan karakter pada para siswa. Tujuan umum penelitian ini adalah untukmemperoleh gambaran dan penjelasan tentang integrasi pendidikan karakter siswadalam mata pelajaran Aqidah akhlak yang di terapkan di MAN 1 Medan. Metodologipenelitian ini didasarkan pada pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datadilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi, interview dan skala sikap.Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa Integrasi pendidikan karakter dalam matapelajaran aqidah Akhlak kelas X di MAN 1 sudah berjalan dengan baik hal ini dapatdilihat adanya hubungan keterkaitan pada RPP dan Silabus serta pelaksanaan prosespembelajaran Aqidah Akhlak di kelas dalam pembentukan karakter siswa.

Copyrights © 2017