JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA
Vol 2 No 1 (2017): JP2MIPA

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIK DAN SELF EFFICACY SISWA

Sahara, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik, peningkatan kemampuan representasi matematik dan self efficacy siswa,dan respon siswa. Penelitian pengembangan ini pada buku pegangan guru, buku siswa, lembarkerja siswa , rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, angketrespon siswa dan guru, pedoman wawancara dan pengamatan sikap siswa. Modelpengembangan ini menggunakan model 4-D yang dikembangkan Thiagarajan, dan Semmelmeliputi tahapan define, desaign, develop, dan disseminate. Dari hasil uji coba I dan IIdiperoleh bahan ajar memenuhi kriteria kevalidan dengan predikat sangat valid, bahan ajaryang praktis, hasil observasi saat proses pembelajaran dan hasil wawancara, memenuhikriteria keefektifan pencapaian persentase waktu ideal, hasil tes kemampuan representasimatematis memenuhi ketuntasan, dan hasil angket respon guru dan siswa.  

Copyrights © 2017