JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA
Vol 1 No 2 (2016): JP2MIPA

PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI INTERAKSI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING MENGGUNAKAN MIND MAPPING DAN MOTIVASI

Dwi, Dara Fitrah (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, interaksi antara model pembelajaran inquiry trainingmenggunakan mind mapping dan motivasi dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.Penelitian yang dilakukan secara quasi eksperimen. Populasi Penelitian ini adalah siswa kelas X SMAIT Al-Fityan School Medan. Pemilihan sampel dilakukan secara cluster random sampling yaitu kelasX 2 dan X . Instrumen penelitian ini menggunakan tes keterampilan proses sains dalam bentuk uraiandan tes motivasi dalam bentuk angket. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan ANAVA dua jalur.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Kemampuan keterampilan proses sains fisika siswa padakelompok motivasi diatas rata-rata lebih baik dibandingkan kemampuan keterampilan proses sainsfisika siswa pada kelompok motivasi di bawah rata-rata, dan Pada penelitian ini motivasi diatas rataratadominan meningkatkan keterampilan proses sains pada model Inquiry Training menggunakan mind mapping dari pada di pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2016