JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA
Vol 1 No 2 (2016): JP2MIPA

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DI KELAS VII-7 SMP NEGERI 30 MEDAN

Samosir, Martha Ria (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2018

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 30 Medan pada Kelas VII-7Tahun Ajaran 2015 / 2016. Latar belakang masalah adalah kurangnya motivasi siswa dalammengikuti pembelajaran IPA dilihat dan rendahnya nilai dan persentase ketuntasan belajar.Metode yang digunakan ialah Contextual Teaching Learning. Hipotesis yang diajukan padapenelitian ini adalah: Dengan menggunakan metode Contextual Teaching Learning dapatmeningkatkan hasil belajar siswa pada KD Klasifikasi Makhluk Hidup. Berdasarkan testawal (pre test ) pada 38 siswa terdapat 38 orang siswa yang tidak tuntas dengan batas KKM75. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II yang terdiri danpermasalahan, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, analisa data, dantahap refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode cari, pada pelajaranBiologi dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII-7 SMP Negeri 30 Medan T.A.2015 / 2016. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai tes awal yaitu sebesar 38,68 dengan tingkat ketuntasan belajar seebsar 0 % namun setelah dilakukan tindakan pada siklus I didapat rata-rata hasil belajar siswa sebesar 60,26 dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar13,16 % Dan pada siklus II di dapat nilai rata-rata siswa naik menjadi 81,31 dengan tingkatketuntasan belajar sebesar 92,10 %. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metodeContextual Teaching Learning pada pelajaran IPA KD Klasifikasi Makhluk Hidup dapatmeningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-7 SMP Negeri 30 Medan.

Copyrights © 2016