Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak melalui media puzzle pada Kelompok B TK Mekar Lakanaha Kecamatan Wadaga Kabupaten Muna Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peneliti dan anak kelompok B dengan jumlah anak sebanyak 22 orang, yang terdiri dari 9 orang anak laki-laki dan 13 orang anak perempuan. Pelaksanaan tindakan mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas. sebagai berikut ; 1) perencanaan; 2) pelaksanaan tindakan dan observasi; 3) evaluasi; 4) refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan kemampuan kognitif anak dari observasi awal anak sebesar 36%, meningkat pada siklus I menjadi 68%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 90%. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa media puzzle dapat mengembangkan kognitif anak di TK Mekar Lakanaha Kecamatan Wadaga Kabupaten Muna Barat. Kata kunci: Kognitif, Puzzle, Media.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018