Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampaun emosional anak melalui kegiatan bernyanyi di Taman Kanak-kanak Negeri Lalowaru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik di kelompok B TK Negeri Lalowaru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan emosional anak pada observasi awal diperoleh presentase sebesar 25%. Sedangkan pada siklus I diperoleh presentase sebesar 65%. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 85%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan emosional anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan bernyanyi di TK Negeri Lalowaru Kabupaten Konawe Selatan tahun akademik 2015/2016. Kata kunci: Kemampuan Emosional, Bernyanyi, Anak.
Copyrights © 2018