Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar anak melalui gerak tari di kelompok B TK Alam Al-Bayyan Poasia Kota Kendari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan anak di kelompok B TK Alam Al-Bayyan Kota Kendari yang berjumlah 15 orang yang terdiri dari 13 orang anak perempuan dan 2 orang anak laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahap-tahap dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan atau observasi, dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil tentang kemampuan motorik kasar anak melalui gerakan seni tari menunjukkan bahwa terdapat peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan pada siklus I diperoleh persentase yaitu sebesar 60% dan pada siklus II diperoleh persentase sebesar 86,67%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik kasar anak di kelompok B TK Alam Al-Bayyan Poasia Kota Kendari dapat dikembangkan melalui gerak tari. Kata kunci: Motorik Kasar, Gerak Tari, Anak.
Copyrights © 2018