Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berwudhu anak melalui media gambar di kelompok B RA Ar-Rasyid Kota Kendari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahapan dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak di kelompok B RA Ar-Rasyid Kota Kendari, yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 8 orang anak perempuan dan 7 orang anak laki-laki. Hasil belajar anak tentang kemampuan berwudhu pada observasi awal diperoleh persentase ketuntasan sebesar 33,3%. Setelah pelaksanaan tindakan, hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar anak. Pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan sebesar 66,7%. dan pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan sebesar 80%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berwudhu anak dapat ditingkatkan melalui media gambar di kelompok B RA Ar-Rasyid Kota Kendari. Kata kunci: Berwudhu, Anak, Media Gambar.
Copyrights © 2018