WAHANA KAJIAN PENDIDIKAN IPS
Vol 2, No 1 (2017): WAHANA KAJIAN PENDIDIKAN IPS

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V.A SD NEGERI 07 BARUGA KOTA KENDARI

WAHAB, NURSIA (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2017

Abstract

Abstrak: Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan dan menganalisis aktivitas belajar siswa kelas V.A SD Negeri 07 Baruga Kota Kendari melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif  tipe Student Teams Achievement Division (STAD); 2) Mendeskripsikan dan menganalisis aktivitas mengajar guru kelas V.A SD Negeri 07 Baruga Kota Kendari melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif  tipe Student Teams Achievement Division (STAD); 3) Mendeskripsikan peningkatan  hasil belajar IPS siswa kelas V.A SD Negeri 07 Baruga Kota Kendari melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif  tipe Student Teams Achievement Division (STAD).Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksananakan sebanyak dua siklus di mana setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran Kooperatif  tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Pada siklus I pertemuan 1 sebesar 62,5% meningkat pada pertemuan 2 sebesar 70,83%. Pada siklus II pertemuan 1 meningkat 85,42%  dan pada pertemuan 2 meningkat sebesar 95,83%;                 2) Penerapan model pembelajaran Kooperatif  tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas mengajar guru. Pada siklus I pertemuan 1 sebesar 63,89% meningkat pada pertemuan 2 sebesar 81,94%. Pada siklus II pertemuan 1 sebesar 94,44% pada pertemuan 2 meningkat menjadi 100%; 3) Penerapan model pembelajaran Kooperatif  tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 73,33%, meningkat pada siklus II mencapai 93,33%.Dari temuan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif  tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, aktivitas mengajar guru, dan hasil belajar siswa kelas V.A SD Negeri 07 Baruga Kota Kendari. Kata Kunci:  Hasil Belajar, Pembelajaran IPS SD, Model Pembelajaran Kooperatif  tipe Student Teams Achievement Division (STAD).

Copyrights © 2017