WAHANA KAJIAN PENDIDIKAN IPS
Vol 1, No 2 (2016)

Hubungan Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah dengan Mutu Mengajar Guru SD Negeri Se- Kecamatan Uepai Kabupaten Konawe

Tanggapili, Rasda (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2017

Abstract

ABSTRAK RASDA TANGGAPILI, G2G1 13 037, “Hubungan Supervisi AkademikKepala Sekolah dan Budaya Sekolah dengan Mutu Mengajar Guru SD Negeri se-Kecamatan Uepai Kabupaten Konawe”. Dibimbing oleh Prof. Dr. La Ode Turi, M.PdPembimbing I dan Dr. Abdul Halim Momo, M.Si selaku Pembimbing II. PadaProgram Studi Pendidikan IPS Konsentrasi Administrasi Pendidikan.Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Uepai Kabupaten Konawe yangbertujuan untuk mengungkapkan hubungan supervisi akademik kepala sekolah danbudaya sekolah dengan mutu mengajar guru SD Negeri di Kecamatan UepaiKabupaten Konawe.Jenis Penelitian ini merupakan penelitian survey, dan pendekatan yangdigunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Data dianalisis secarakuantitatif dengan menggunakan alat bantu program SPSS Versi 21. Adapaun subjekpenelitian adalah guru dan kepala sekolah. Sampel yang digunakan dalam penelitianinin adalah sebanyak 30 orang yang merupakan guru SD di Kecamatan Uepai. Metodeanalisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) supervisi akademik kepala sekolahberpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu mengajar guru SD Negeri diKecamatan Uepai Kabupaten Konawe. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji t pada tingkatatau kepercayaan 0,742 dengan koefisien beta 0,693, dimana thitung = 6,032 dan nilaiprobabilitas = 0,000 < 0,05. 2) Budaya sekolah berpengaruh positif dan signifikanterhadap mutu mengajar guru SD Negeri di Kecamatan Uepai Kabupaten Konawe. Halini ditunjukkan oleh hasil uji t pada tingkat atau kepercayaan 0,293 dengan koefisienbeta 0,264, dimana thitung = 2,297 dan nilai probabilitas = 0,030 < 0,05. 3) Supervisiakademik kepala sekolah dan budaya sekolah secara simultan berpengaruh terhadapmutu mengajar guru SD Negeri di Kecamatan Uepai Kabupaten Konawe. Hal iniditunjukkan oleh hasil uji F diperoleh Fhitung = 36,932, dimana koefisien determinasi R2= 0,732, dengan nilai probabilitas 0,000 < 0,05.Kesimpulan dari penelitian ini mengandung makna bahwa peningkatanSupervisi akademik kepala sekolah dalam hal ini peran kepala sekolah sebagaisupervisor dan Budaya sekolah menyebabkan terjadinya perubahan mutu mengajarguru ke arah yang lebih baik lagi. Masing-masing variabel dalam penelitian iniberpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu mengajar guru dan secara bersamasamaberpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu mengajar guru SD diKecamatan Uepai Kabupaten Konawe.Kata Kunci : Supervisi Akademik, Budaya Sekolah, Mutu Mengajar

Copyrights © 2016