WAHANA KAJIAN PENDIDIKAN IPS
Vol 2, No 1 (2017): WAHANA KAJIAN PENDIDIKAN IPS

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SD NEGERI 12 KONDA PADA MATERI GEJALA ALAM

., RUTIAH (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2017

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah: (1) Meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran IPS di kelas VI SD Negeri 12 Konda.; (2) Meningkatkan aktivitas mengajar guru melalui penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran IPS di kelas VI SD Negeri 12 Konda.; (3)Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning pada  mata pelajaran IPS  di kelas VI SD Negeri 12 Konda.            Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subyeknya adalah guru kelas dan seluruh siswa kelas IV SD Negeri 12 Konda Kabupaten Konawe Selatan yang berjumlah 28 orang yang terdiri dari 17 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Penelitian ini mengikuti tahapan dalam PTK yaitu: (1) Perencanaan; (2) Pelaksanaan tindakan; (3) Observasi dan Evaluasi; dan (4) Refleksi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dalam bentuk persentase dan selanjutnya disajikan dalam bentuk tabel.Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS  siswa kelas VI SD Negeri 12 Konda. Hal tersebut terlihat dari ketercapaian indikator kinerja dalam penelitian, baik dari segi proses maupun hasil. Mengenai aktifitas mengajar guru pada siklus I, hasil observasi terhadap guru menunjukkan bahwa ketercapaian proses pembelajaran menunjukkan persentase sebesar 73%, kemudian diikuti aktivitas siswa mencapai persentase sebesar 63.23% dengan hasil belajar siswa mencapai persentase sebesar 67.86%. Kemudian dilanjutkan pada siklus II, hasil observasi terhadap guru menunjukkan bahwa ketercapaian proses pembelajaran menunjukkan persentase sebesar 89%, dengan persentase hasil belajar sebesar 82.14%. Selanjutnya pada siklus III, hasil observasi terhadap guru menunjukkan bahwa ketercapaian proses pembelajaran menunjukkan persentase sebesar 94%, kemudian diikuti aktivitas siswa mencapai persentase sebesar 92.64%% dan hasil belajar siswa mencapai persentase sebesar 92.86%. Penelitian diangap selesai pada siklus III dengan tercapainya indikator kinerja dan hipotesis penelitian diterima. Peneliti berkesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning, dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.Kata kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, dan IPS Terpadu.

Copyrights © 2017