Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis (1) pengaruh metode mengajar drill  terhadap kemampuan servis atas permainan bola voli, (2) pengaruh metode mengajar konvensional   terhadap kemampuan servis atas permainan bola voli, (3) perbedaan pengaruh metode mengajar drill  dengan metode konvensional  terhadap kemampuan servis atas permainan bola voli , Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah  114orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang yang diambil dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Instrument yang digunakan adalah tes unjuk kerjaHasil penelitian menunjukkan bahwa (1)metode drill  berpengaruh signifikan terhadap kemampuan servis atas permainan bola voli siswa, dimana    nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dengan rata-rata pre-tes = 9,55 dan post-tes 10,88. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan metode mengajar konvensional terhadap peningkatan kemampuan servis atas pada siswa, dimana. nilai signifikansi 0,007 < 0,05, dengan rata-rata pre-tes= 9,55 dan post-tes = 10,14 (3) Terdapat perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara metode drill dengan metode konvensional terhadap peningkatan kemampuan servis atas , dimana nilai signifikansi 0,0158 < 0,05, dengan rata-rata post-tes metode drill = 10,88 dan post-tes metode konvensional = 10.14.Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa metode drill dan metode konvensional dapat meningkatkan kemampuan servis atas, akan tetapi metode drill  lebih baik pengaruhnya dibanding dengan metode konvensional terhadap peningkatan kemampuan servis atas pada siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini. Kata Kunci: Metode Mengajar Drill, Metode Konvensional, Kemampuan Servis atas permainan bola voli
Copyrights © 2017