Penelitian ini bertujuan untuk mencari suatu strategi pembelajaran yang efektif dan Efisien dalam mengajarkan materi Seni Budaya ( Seni Tari) bagi siswa kelas X diSMA Negeri 1 Raha dengan cara mengaktifkan siswa pada pembelajaran. Strategi dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus dan pada setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan , pelaksanaan , observasi dan refleksi. Sedang untuk mengaktifkan siswa dalam penelitian ini , peneliti menggunakan lembar kerja yang diberikan kepada siswa dalam kelompok besar dan kelompok kecil.Yang menjadi subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Raha sedang objeknya adalah pembelajaran materi Apresisi tari tradisional daerah setempat ( Linda) yang diajarkan dengan cara mengaktifkan siswa dalam kelompok ahli dan kelompok biasa, Dari penelitian yang diadakan dengan meneliti kondisi awal siswa yang diukur dengan alat tes tertulis dan hasil penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus terlihat adanya peningkatan hasil yang dicapai siswa dalam menguasai materi pegembangan ragam gerak tari tradisional daerah setempat ( Linda),yang diberikan.Peningkatan penguasaan materi ini mulai dari siklus I siswa dapat meningkat sebesar 28 % dari kondisi awal sedang dari kondisi di siklus I setelah dilakukan tindakan pada siklus II meningkat sebear 30 %. Dari Hasil penelitian tindakan kelas ini maka peneliti merekomendasikan pada pengambil jabatan ataupun pelaksana pembelajaran dalam hal ini yaitu pengajar untuk mengajarkan materi pembelajaran dalam kelompok ahli dan dengan tehnik mengaktifkan siswa .
Copyrights © 2016