"> Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelasVIIb SMPN 2 Siompu Barat menggunakan strategi peta konsep pada mata pelajaran IPSmateri gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer. 2) Mendeskripsikan aktivitasmengajar guru IPS siswa kelas VIIb SMPN 2 Siompu Barat menggunakan strategi petakonsep pada materi gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer. 3) Mengetahuipeningkatan hasil belajar IPS siswa kelas VIIb SMPN 2 Siompu Barat dengan menggunakanstrategi peta konsep pada materi gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer.Penelitian ini dilaksanakan pada semester Genap TA 2015/2016. Jenis penelitian PTKdengan dua siklus pembelajaran. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitasbelajar siswa menggunakan peta konsep meningkat dengan skor rata-rata pada setiap siklus,diperoleh siklus I mencapai 2,3 dan pada siklus II mencapai 3,4. (2) Aktivitas mengajar gurudengan menggunakan peta konsep meningkat dengan skor rata-rata siklus I mencapai 2,7dan siklus II sebesar 3,4. (3) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS meningkat. Padasiklus I diperoleh ketuntasan belajar 59% atau dari 27 siswa 16 siswa memperoleh nilaiā„70. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu persentase ketuntasan hasil belajar adalah81%.Kata Kunci: Srategi Pembelajaran, Peta Konsep, Hasil Belajar
Copyrights © 2016