Penelitian Pendidikan Geografi
Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (April 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 WOLOWA PADA MATERI POKOK PEMANFAATAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP

Sukmawati, Sitti Kasmiati, Sukmawati, Sitti Kasmiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2017

Abstract

Secara umum Penelitian ini bertujuan Untuk menentukan peningkatan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Wolowa yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share pada materi pokok Pemanfaatan dan Pelestarian Lingkungan Hidup. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Wolowa yang terdaftar pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017, yang berjumlah 18 orang siswa. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) gambaran aktivitas belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Wolowa yang di ajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siklus I skor rata-rata aktivitas siswa adalah 2,6 yang termasuk kategori cukup, dan meningkat pada siklus II menjadi 3,4 yang berkategori baik; 2) Gambaran aktivitas mengajar guru siklus I skor rata-rata aktivitas mengajar guru adalah 2,7 yang termasuk kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 3,5 yang berkategori baik; 3). Terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Peningkatannya sebesar 22 % yang diperoleh dari selisih antara persentase kentuntasan siklus II 83% dan siklus I 61%. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Think Pair Share (TPS), Proses, Hasil Belajar

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (JPPG) merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan Geografi dan Geografi ...