Secara umum Penelitian ini bertujuan Untuk menentukan peningkatan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Wolowa yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share pada materi pokok Pemanfaatan dan Pelestarian Lingkungan Hidup. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Wolowa yang terdaftar pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017, yang berjumlah 18 orang siswa. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) gambaran aktivitas belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Wolowa yang di ajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siklus I skor rata-rata aktivitas siswa adalah 2,6 yang termasuk kategori cukup, dan meningkat pada siklus II menjadi 3,4 yang berkategori baik; 2) Gambaran aktivitas mengajar guru siklus I skor rata-rata aktivitas mengajar guru adalah 2,7 yang termasuk kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 3,5 yang berkategori baik; 3). Terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Peningkatannya sebesar 22 % yang diperoleh dari selisih antara persentase kentuntasan siklus II 83% dan siklus I 61%. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Think Pair Share (TPS), Proses, Hasil Belajar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017