Penelitian Pendidikan Geografi
Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (April 2017)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI POKOK PETA, ATLAS DAN GLOBE MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS VII1 DI SMP NEGERI 15 KENDARI

Fatimah Azzahra, Surdin, Fatimah Azzahra, Surdin (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2017

Abstract

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Pokok Peta Atlas dan Globe Melalui Penerapan Modal Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII1 SMP Negeri 15 Kendari yang berjumlah 26 orang, tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran pada setiap siklus cenderung meningkat. Hal ini menunjukan skor rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 2,6 yang berkategori cukup, sedangkan pada siklus II skor rata-rata meningkat menjadi 3,5 yang termasuk pada katergori baik; 2) Aktivitas mengajar guru, ditunjukkan dengan skor rata-rata pada setiap siklus, dimana pada siklus I skor rata-rata aktivitas guru adalah 2,3 yang termasuk kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 3,3 yang berkategori baik; 3) Terjadi peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas VII1 SMP Negeri 15 Kendari dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dari 26 orang siswa hanya 17 orang siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 65,38% dengan nilai rata-rata 74,15. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu dari 26 orang siswa ada 22 orang siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 84,61% dengan nilai rata-rata 76,58. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Proses, Aktivitas Siswa, Aktivitas Guru, Hasil Belajar.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (JPPG) merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan Geografi dan Geografi ...